Serius Hilirisasi Nikel, Begini yang Dilakukan PT GNI

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah terus mendorong program hilirisasi demi menciptakan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia, salah satunya meningkatkan cadangan devisa negara.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, hilirisasi yang dibangun pemerintah membawa lompatan besar bagi bangsa Indonesia, terlebih Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Khususnya di industri nikel.

Hilirisasi pada nikel terbukti berkontribusi pada cadangan devisa Indonesia mencapai hampir US$ 139 miliar hingga Juli 2023.

PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI), sebagai perusahaan smelter terbesar di Morowali Utara, Sulawesi Tengah merupakan salah satu pihak yang mengakselerasi industri hilirisasi nikel.

PT GNI juga terus memberikan dampak yang signifikan dalam percepatan pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan terbukanya lapangan pekerjaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lingkar industri.

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo menjelaskan pihaknya memiliki rencana strategis untuk meningkatkan dan mendorong perekonomian nasional. PT GNI mendorong kerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan masyarakat di daerah sekitar lingkar industri.

“Karena masyarakat di sana merupakan masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung melindungi investasi. Sehingga kami mengedepankan pentingnya pengembangan masyarakat di daerah sekitar kami, daerah di mana proyek kami berada,” kata Mellysa dalam keterangan tertulis, Jumat (24/11/2023).

Selain mendorong perekonomian daerah, PT GNI juga menjalankan beberapa program tanggung jawab sosial perusahaan mulai dari pembangunan infrastruktur di sekitar lingkar industri hingga penyerapan tenaga kerja lokal.

“Sejak tahap pembangunan konstruksi hingga saat ini, PT GNI telah menyerap lebih dari belasan ribu tenaga kerja. Ke depannya akan terus meningkat hingga puluhan ribu tenaga kerja. PT GNI pun terus aktif merekrut karyawan, termasuk bekerja sama dengan kepala desa di sekitar lokasi pabrik untuk menyelenggarakan perekrutan karyawan,” ungkap Mellysa.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah, kondisi perekonomian Sulawesi Tengah triwulan III-2023 dibanding triwulan III-2022 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 13,06% termasuk pertumbuhan industri pengolahan sebesar 27,99% serta pertambangan dan penggalian juga mengalami pertumbuhan sebesar 13,32%. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi PT GNI. Tidak hanya membuka lapangan pekerjaan, PT GNI juga berkomitmen menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di industri hilirisasi nikel.

Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat pengolahan dan pemurnian bijih nikel melalui tiga tahapan yang melibatkan alat dan suhu tinggi, bahkan hingga ribuan derajat celcius.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, PT GNI telah menyusun regulasi K3 yang sesuai dengan aturan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Regulasi ini mencakup berbagai aspek, seperti keselamatan kerja, kesehatan kerja, dan lingkungan kerja.

PT GNI juga secara rutin mengadakan agenda Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Penyelamatan dan Penanganan Kecelakaan Kerja dengan menggandeng Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Palu.

Selain itu, PT GNI juga mengadakan kegiatan rutin seperti pelatihan dan sertifikasi. Beberapa di antaranya ialah mewajibkan sertifikasi operator alat berat dan pelatihan sertifikasi safety awareness, sehingga para pekerja benar-benar dibekalkan dan dilatih untuk mahir dalam pekerjaannya. Semua ini diwajibkan bagi para pekerja mengingat pekerjaan mereka erat dengan risiko dan bahaya.

Lebih lanjut, PT GNI juga senantiasa melakukan dialog dengan para karyawan. Dialog ini disebut Perseroan bertujuan untuk mendorong keterbukaan dan rasa saling menghargai antara perusahaan dan karyawan, serta menjadikan budaya kerja yang nyaman di PT GNI.

Dengan beberapa inisiatif dan kerja sama tersebut, ke depannya PT GNI akan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan sosial ekonomi Indonesia khususnya di daerah tempat PT GNI berada. https://roketgubuk.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*