Bukan Survei Anies-Prabowo-Ganjar, Asing Singgung Israel di Pilpres

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemilihan presiden (pilpres) RI tahun 2024 masih terus dipantau media asing. Terbaru, CNBC International menulis artikel “Indonesians head to the polls in February. Here are key issues dominating the elections”.

Selain menjelaskan siapa saja para calon presiden (capres), seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto hingga Ganjar Pranowo, disebut pula calon mana yang kini mendominasi survei. Dikatakan bagaimana Prabowo yang berpasangan dengan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sementara Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD mengikuti disusul Anies dan wapresnya Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Berdasarkan jajak pendapat Indikator Politik Indonesia yang dilakukan antara tanggal 23 dan 24 Desember, pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan perolehan 46,7% suara,” tulis media itu Kamis, dikutip Jumat (4/1/2024).

“Diikuti oleh Ganjar-Mahfud dengan 24,5% suara dan Anies-Muhaimin dengan 21%,” tambahnya.

“Jika tidak ada kandidat yang memenangkan suara mayoritas pada putaran pertama, maka akan ada putaran kedua pada bulan Juni,” buatnya lagi.

Selain itu beberapa hal disorot mulai dari relokasi ibu kota negara dan investasi industri. Namun yang menarik Israel juga disorot sebagai penentu dalam kemenangan capres di pilpres.

“Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2021 oleh lembaga pemikir Australia, Lowy Institute, menemukan bahwa responden menilai promosi perdamaian dan resolusi konflik (86%) serta advokasi bagi komunitas Muslim di negara lain (78%) adalah hal yang lebih penting dalam daftar tujuan kebijakan luar negeri Indonesia,” muatnya.

“Laporan tersebut mensurvei sekitar 3.000 masyarakat Indonesia berusia antara 17 dan 65 tahun di 33 provinsi,” tambahnya.

“Perkembangan perang antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas merupakan salah satu permasalahan geopolitik terpenting bagi Indonesia. Negara ini menyerukan solusi dua negara, namun banyak masyarakat Indonesia yang memprotes agresi Israel,” muatnya lagi mengutip pengamat.

Dibuat bagaimana pandangan para capres soal Israel dan Palestine sangat penting. Dijabarkan pula bagaimana pendapat mereka sejauh ini.

“Ketiga calon presiden telah menyatakan dukungannya terhadap Palestina,” tulisnya lagi.

“Anies sempat menyatakan ingin mengunjungi wilayah Palestina jika terpilih menjadi presiden. Sebelum resmi mendaftar sebagai calon presiden, calon terdepan, Prabowo, mengaku mendukung kemerdekaan Palestina,” tambahnya.

“Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar adalah penentang keras partisipasi Israel di Piala Dunia U-20 FIFA 2023. Turnamen tersebut sedianya akan diadakan di Indonesia, hingga FIFA mencabut hak tuan rumah negara tersebut,” tulis media itu lagi. https://gunakanlah.com/wp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*